Chatting lewat Line ternyata tak aman!

Chatting lewat Line ternyata tak aman!
Line ScreenShoot - Blogs4rt
Aplikasi perpesanan multi-platform Line dirundung masalah di Thailand. Otoritas setempat menduga layanan ini membuka peluang pihak ketiga untuk membaca segala transaksi yang beredar di dalamnya.

Seperti yang dilansir oleh The Next Web (28/8), hal ini pertama kali dilaporkan oleh Telecom Asia. Dikatakan bahwa mereka berhasil mendapatkan sebuah sesi perbincangan lewat aplikasi ini menggunakan seperangkat software penangkap, yang kemudian menampilkan hasilnya lewat komputer.

Mereka menemukan fakta bahwa pesan tersebut tak dienkripsi saat dikirim menggunakan jaringan data seluler. Namun, ketika menggunakan jaringan WiFi, kebanyakan masih aman karena sudah dienkripsi.

Sebenarnya, hal seperti ini sendiri sudah dijelaskan oleh Line dalam sebuah posting di blog resmi mereka pada Januari lalu. "Kami memutuskan untuk memperbolehkan koneksi tanpa enkripsi untuk jaringan mobile," tulis Line saat itu.

Akibat hal ini, maka sebenarnya pengguna terancam keselamatannya. Pihak ketiga seperti ISP, operator seluler, atau hacker pun bisa mengakses chat mereka di Line akibat hal ini.


Di Thailand sendiri, aplikasi bertipe OTT macam ini memang sedang diperangi oleh pemerintah. Sebelumnya, WhatsApp dan BBM serta beberapa aplikasi sejenis sudah dipaksa untuk tak boleh beredar di negeri gajah putih tersebut.

0 Response to "Chatting lewat Line ternyata tak aman!"

/*! SCRIPT IKLAN */ /*! SCRIPT IKLAN */