Apa Itu Ubuntu Server?

Ubuntu server adalah salah satu varian dari distro linux Ubuntu. Dalam pembahasan kali ini dan pembahasan selanjutnya, saya akan membahas tentang perintah CLI di Linux  dan seting server menggunakan ubuntu 12.10. Namun sebelum membahas lebih jauh tentang Ubuntu server akan saya kenalkan dulu apa itu ubuntu server dalam format FAQ sehingga lebih mudah di pahami.

Saya tahu ubuntu, tapi ubuntu server itu apa seh? Apa yang beda ?
Ubuntu server adalah ubuntu yang didesain untuk di install di server. Perbedaan mendasar, di Ubuntu Server tidak tersedia GUI. Jika anda menggunakan ubuntu server artinya anda harus bekerja dengan perintah perintah di layar hitam ayng sering disebut konsole. Jika anda datang dari windows, maka tampilan ubuntu server seperti DOS.

Apa manfaatnya? kelihatannya susah? 
Bagi orang awam pemakai desktop, jelas tidak ada manfaatnya, tapi bagi admin jaringan, warnet, kantor, server dan perusahaan webhosting, ubuntu server merupakan solusi mudah dan free untuk membangun layanan seperti file sharing , printer sharing atau webhosting.
Ubuntu server walaupun hanya menggunakan CLI (Coomand line interface) tidaklah sesusah yang dikira karena sudah banyak tutorial dan help bawaan dari perintah itu sendiri. Yang dibutuhkan adalah kemauan membaca manual dan belajar bahasa inggris.

Apakah saya harus bayar untuk mendapatkan ubuntu server?
ubuntu server disediakan secara gratis oleh Canonical (perusahaan dibalik ubuntu). Anda tidak perlu membayar sepeserpun. Anda bisa mendownload di ubuntu.com atau yang dekat aja di repo.ugm.ac.id

Saya jarang melihat perusahaan memakai ubuntu server, bisa kasih contoh yang real ga ? 
Sebenarnya, jika kita tiap hari kita browsing, maka kemungkinan besar anda memanfaatkan ubuntu server tidak langsung. contohnya saat anda diwarnet dan mengambil film di server. Kemungkinan besar servernya menggunakan ubuntu. Masih diwarnet, saat anda browsing, agar kenceng biasanya warnet pasang server proxy dan OSnya bisanya Ubuntu.
Contoh lain, jika di kantor anda ada printer yang dishare, kemungkinan printer server ini juga menggunakan ubuntu. Website yang sedang anda akses juga kemungkinan besar menggunakan ubuntu sebagai server hostingnya.  Bahkan layanan cloud yang sering kita pakai seperti Amazon juga menggunakan ubuntu.

Saya melihat ada versi ubuntu yang mengandung kata “LTS” dan tidak. apa bedanya?
LTS merupakan singkatan dari Long term support. Canonical akan mensupport Versi LTS selama 5 tahun. Sedangkan jika tidak ada LTS maka supportnya hanya 3 tahun.

Saya tidak paham dengan support, apa bentuk support dari canonical?
Mereka akan memberikan update software dan bugfix security untuk ubuntu yang anda pakai. Updata dan bugfix ini juga disediakan secara gratis.

Saya lihat, ubuntu server terlalu ribet, apa saya bisa belajar ubuntu server dengan versi ubuntu desktop saja?
Bisa, sekali lagi, perbedaannya ada pada ada tidak User interface saja. Jika anda lebih nyaman dengan ubuntu desktop, anda tingal menginstall software server yang dibutuhkan. Misalkan anda mau membuat file server, anda cukup menginstall samba dst.
Katanya server butuh spek komputer gede, berapa sih spek minimal untuk ubuntu ?
Spek minimal hanya butuh Prosesor 1 GHz (PIII) dan Ram 512 dengan hardisk 5GB sudah cukup untuk belajar. Hanya karena ada kata kata server bukan berarti harus membutuhkan spek tinggi.

Waktu saya mau download, ada versi x86 dan x86_64 , saya pilih yang mana ya?
Jika prosesor komputer anda adalahprosesor 64 bit maka downloadlah yang versi x86_64, tapi jika tidak yakin download versi x86 32 bit saja.

Ubuntu itukan linux, apakah setelah saya bisa ubuntu server, ilmu saya bisa diterapkan di server linux yang lain seperti Redhat atau suSE? 
Pasti, ketika anda belajar ubuntu server, ilmu cara setting dan konfigurasi servernya hampir sama untuk distro yang lain. Perbedaan antar distro hanya ada pada saat instalasi server dan install paket. Saat belajar, perdalam konsepnya, bukan menghafal urutan instalasi dan konfigurasinya.

Saya tertarik nih belajar ubuntu server, dimana saya bisa mulai belajar?
Banyak tempat untuk belajar Ubuntu server, namun tempat wajib yang harus di kunjungi adalah ubuntu server guide.

Wah, itu pasti bahasa Inggris, apa ga ada yang bahasa Indonesia?
Saya juga tahu banyak orang yang malas belajar bahasa Inggris, masalahnya bahasa Inggris adalah bahasa pengantar ilmu komputer, jadi usahakan anda tetap belajar bahasa inggris, minimal pasi.

0 Response to "Apa Itu Ubuntu Server?"

/*! SCRIPT IKLAN */ /*! SCRIPT IKLAN */