Bagaimana Cara Berhenti Merokok?

Rokok, siapa yang tidak tau rokok. Rokok bukan merupakan suatu hal yang tabu dinegara kita. Merokok atau menghisap rokok memang bukan satu tindakan yang criminal. Tapi rokok merupakan racun nyata namun banyak digemari oleh masyarakat kita. Barang konsumsi yang berbahan utama tembakau dan cengkeh dengan ditambah nikotin serta zat kimia lainnya ini tergolong unik dan sangat kontroversial. Meski semua orang sudah sepakat bahwa rokok tak baik untuk kesehatan, namun rokok terbukti seolah telah menjadi barang konsumsi yang penting bagi masyarakat dibeberapa negara khususnya dinegara kita. Beberapa alasan mengapa kita mengkonsumsi rokok, mulai dari menghilangkan stress atau menghilangkan jenuh dan lain sebagainya yang sehingga baik secara disadari maupun tidak, merokok dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan kita.
Celakanya, dinegara kita beberapa even olahraga nasional pun diselengarakan dan disponsori oleh merek rokok. Bukan oleh minuman suplemen kesehatan atau hal-hal lainnya yang ada kaitannya dengan kesehatan. Pada telah kita ketahui bersama bahwa pada intinya olah raga adalah bertujuan untuk menyehatkan jasmani kita. Namun kita tak bisa menghindari bahwa perusahaan rokok pun telah ikut andil dalam menyalurkan bakat-bakat yang dimiliki oleh anak bangsa khususnya dalam bidang olahraga. Beberapa perusahaan rokok pun menyediakan beasiswa prestasi dalam beberapa sektor.

Cara_berhenti_merokok.jpg
Dinegara kita, perusahan rokok pun telah memberikan pajak atau sumbangan besar bagi APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). Malah bisa dikatakan bahwa pabrik rokok adalah donatur terbesar bagi pendapatan Negara. Disatu sisi, pabrik rokok pun membantu Negara dalam mengurangi pengangguran, namun disisi lain, pabrik rokok pun secara tidak langsung sedang meracun dan membunuh generasi bangsa secara perlahan-lahan.

Pemerintah telah memberikan amaran dan perhatian yang tegas pada masyarakat seperti yang tertera pada kemasan rokok itu sendiri bahwa “ MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN”. Tapi masyarakat kita seolah-olah tak mengindahkan amaran tersebut meski kita tau sendiri tentang kandungan rokok dan dampak buruknya terhadap kesehatan. Dan anehnya, pemerintah sendiri seolah-olah membiarkan pabrik / produsen rokok dengan bebas melakukan tindakan produksi dengan jumlah yang besar, dristibusi yang tanpa batas, yang sehingga konsumen bisa mudah mendapatkannya. Yang sehingga, rokok dinegara kita merupakan satu barang dagangan yang sangat mudah dijumpai. Meski rokok hanya diperuntukan bagi orang dewasa, namun pada saat ini kita pun mudah menjumpai anak dibawah umur menghisap asap rokok. Seolah-olah, rokok dinegara kita bukan masalah dan bukan untuk dipermasalahkan.
Pemerintah pun seolah-olah tak mampu berbuat banyak dalam mengendalikan produksi dan peredaran dimasyarakat. Harga rokok dinegara kita bisa dikatakan paling murah dibanding dinegara-negara lain di Asia Tenggara terlebih didunia, meski jika kita mau bicara dari segi aspek ekonomi, bahwa ternyata rokok sangat menyita anggaran belanja rumah tangga. Namun pemerintah seolah tak mampu membuat aturan yang ketat dalam urusan ini. Karena mungkin kebanyakan dari pemerintah kita sendiri adalah bagian dari konsumennya.
Beberapa peneliti melalui risetnya mengatakan bahwa rokok selain dapat merusak kesehatan, rokok juga dapat mengahasilkan generasi yang malas, yang bodoh dan generasi yang goblok serta generasi yang keras kepala. Semakin minimnya perhatian orang tua terhadap anak-anaknya seolah menjadi faktor utama kenapa pada saat ini banyak anak dibawah usia di Indonesia berani menghisap asap rokok. Padahal ada informasi yang mengatakan, bahwa di Israel sendiri rokok merupakan hal yang tabu, mereka sangat membenci rokok. Mereka sadar betul akan resiko fatal yang diakibatkan oleh rokok. Sementara dinegara kita? 
Mungkin anda juga adalah salah satu diantara jutaan penghisap rokok aktif maupun pasif. Dan saya yakin, bahwa mungkin saja pernah terlintas dibenak anda bahwa anda ingin berhenti merokok. Berbagai alasan bahwa mengapa banyak orang ingin berhenti merokok namun ternyata bukan hal yang mudah untuk menghentikan kebiasaan buruk ini. Saya sendiri pernah menjadi perokok aktif. Namun ternyata saya bisa menghentikannya meski sempat beberapa kali gagal.

Berikut adalah beberapa hal berdasarkan pengalaman saya yang mungkin bisa anda lakukan untuk bisa berhenti dari kebiasaan merokok :
  1. Miliki tekad yang serius bahwa suatu saat anda harus berhenti dari kebiasaan merokok.
  2. Pikirkan kenapa anda merokok serta apa yang anda dapatkan dari kebiasaan merokok.
  3. Pikirkan apa yang akan terjadi jika anda berhenti merokok. 
  4. Pikirkan tentang resiko rokok secara jauh, bukan hanya bahwa anda hanya peduli terhadap kesehatan anda sendiri tapi dengan memikirkan bahwa anda akan memiliki keturunan yang jasmaninya tidak ingin terkontaminasi zat-zat berbahaya yang terdapat pada rokok seperti nikotin yang dapat merusak otak dan cara berpikirnya.
  5. Jika anda ingin memulainya sekarang, habiskan rokok yang masih tersisa dimeja anda. 
  6. Katakan pada diri anda bahwa anda akan berhenti merokok demi kebaikan anda dan keturunan anda. 
  7. Jangan membeli apapun (seperti permen) sebagai pengganti rokok untuk menghilangkan ketergantungan anda pada rokok. Ingat! Tekad yang kuat adalah satu-satunya anda bisa keluar dan menghentikan dan melakukan apapun, tanpa terkecuali berhenti merokok.   
  8. Biasakan mulai dari sekarang jika anda selesai makan, mengosok gigi dengan baik. Ini sangat membantu dan sangat mempengaruhi. Sebab pada umumnya orang merokok beralasan untuk menghilangkan rasa asam atau rasa lainnya yang terasa pada mulut dan lidah setiap setelah makan makanan yang mengandung amis seperti dari makanan yang mengadung kandungan protein, baik protein nabati maupun protein hewani. Dengan menggosok gigi setelah makan, sepengetahuan saya mulut akan terasa lebih segar dan tidak bisa merasakan nikmatnya asap rokok. Lakukan hal ini secara rutin. Meski ini menjadi kebiasaan, ini bukan kebiasaan yang buruk. Mengosok gigi tak akan menghabiskan waktu lebih dari 10 menit.
  9. Jika anda sedang ada memiliki waktu luang, alihkan perhatian pada hal lain untuk mengantisipasi datangnya suasana jenuh yang dapat menimbulkan kembali keinginan untuk merokok.   
  10. Kuatkan tekad anda bahwa anda tetap akan berhenti merokok. Hal ini memang bukan hal yang mudah. Anda akan menjadi bahan cibiran dan ejekan teman-teman yang biasa merokok. 
  11. Lakukan sekarang jika anda memang perlu melakukannya. Lebih cepat lebih baik. Menghilangkan stress tidak harus dengan menghisap rokok saja.

Selamat mencoba, semoga tips ini bisa membantu anda untuk bisa berhenti merokok secara total tanpa ada embel-embel alasan lainnya. Ingat tak ada yang tak mungkin, dan yang tak mungkin itu hanya jika kita tak mau mencobanya. Jika memang anda punya keinginan untuk berhenti dari kebiasaan merokok, jangan menunggu kematian yang menghentikan kebiasaan buruk ini jika anda pikir merokok sangat berdampak buruk untuk berbagai hal.  Jika saya bisa mengapa anda tidak?

1 Response to " Bagaimana Cara Berhenti Merokok?"

Kharisma Prams said...

Hehehe, bagus itu (y) Oke, oke..

/*! SCRIPT IKLAN */ /*! SCRIPT IKLAN */