Membuat Kalkulator lewat program Visual Basic 6.0

Bismillah hirrahman nirrahim
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pada postingan pertama saya kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat kalkulator melalui program Visual Basic 6.0. Sedikit pembahasan tentang Visual Basic, salah satu bahasa pemrograman yang digunakan dalam membuat aplikasi berbasis desktop adalah Visual Basic. Microsoft Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi Windows yang berbasis GUI (Graphical User Interface). Visual Basic menggunakan konsep event-driven programming, artinya program menunggu sampai adanya respon dari user berupa event/kejadian tertentu (dtombol diklik, menu dipilih, dan sebagainya). Ketika event terdeteksi, even yang berhubungan akan melakukan aksi sesuai dengan kode yang diberikan.


Oke, langsung saja kita bahas :
  1. Buka Visual Basic dan buat proyek baru.
  2. Masukkan objek-objek seperti 4 Label, 2 TextBox, 1 Frame, 1 Command Button dan 4 OptionButton sehingga tampilah pada from akan terlihat seperti berikut : 
  3. Klik ganda pada tombol Command Button "Hitung" dan masukkan kode program berikut ini : (untuk kode bisa lihat dibawah)
  4. Pernyataan pertama pada kode di atas akan mendeklarasikan dua variabel yang bertipe variant. Variant tersebut akan menyimpan nnilai yang diketikkan pada kedua kotak teks, yaitu variabel1 dan variabel2.
  5. Pada kode baris di bawah akan mengubah nilai variabel tersbut menjadi angka, dan juga mengubah argumen teks menjadi nilai numerik. Tipe data default yang dikembalikan oleh textbox dan hal ini tidak masalah untuk operator + karena dapat digunakan baik pada angka dan string teks. Sedangkan operator -, * dan / hanya bekerja dengan angka, sehingga apabila pengguna memilih salah satu dari ketiga operator tersebut maka Visual Vasic secara otomatis akan mengubah nilai yang dimasukkan pada variabel pertama dan kedua itu menjadi angka.
  6. Jalankan kode program di atas dan masukkan nilai pada variabel1 dan variabel2 kemudian pilih operasi yang digunakan dan klik tombol hitung.


Codenya :

Dim Pertama, kedua

pertama = Val(Text1.Text)
kedua = Val(Text2.Text)

If Option1.Value = True Then
       Label4.Caption = pertama + kedua
End If

If Option2.Value = True Then
       Label4.Caption = pertama - kedua
End If

If Option3.Value = True Then
       Label4.Caption = pertama * kedua
End If

If Option4.Value = True Then
       Label4.Caption = pertama / kedua
End If

Mudah kan.., Ok saya rasa cukup untuk postingan kali ini.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
  














0 Response to "Membuat Kalkulator lewat program Visual Basic 6.0"

/*! SCRIPT IKLAN */ /*! SCRIPT IKLAN */