Tutorial Desain Teks 3D dengan Perspektif

Saya ingin mendemonstrasikan bagaimana mendesain teks dengan perspektif 2 titik hilang. Arah perkembangan desain adalah 3D meskipun aslinya vektor 2D. Nanti akan ditunjukkan 2 bentuk jadi yang berbeda dengan dasar perspektif. Bentuk desain semacam ini bisa diterapkan pada poster ataupun iklan. Tutorial ini ditujukan untuk pemula.
Dream Box
Tutorial yang diberikan dibawah ini sudah disertai dengan gambar sehingga anda bisa denganmudah untuk mengikutinya. Dengan tutorial ini saya berharap anda sudah bisa menguasai sedikit teknik dasar untuk menggambar vektor untuk membuat teks 3D dengan perspektif.

Properti Tutorial

Aplikasi desain: Inkscape
Sistem operasi: Ubuntu
Tingkat kesulitan: rendah
Font: Megatron

Daftar Shortcut

Ctrl+Alt+C: convert to path
Ctrl+G: group
T: text tool
S: select tool

Membuat Teks Perspektif 3D

Langkah Pertama

Buat sebuah file baru. Gunakan text tool untuk membuat tulisan dream dan box secara terpisah.

Langkah Kedua

Gunakan Pen Tool. Karena kita mau membikin perspektif 2 titik hilang, maka buatlah konsep perspektif segi empat dengannya. Misalnya, buat bentuk trapesium dengan memulai pada ujung dream paling kiri bawah, lalu ke atas, lalu ke kanan atas secara menyerong, lalu ke bawah memanjang, dan akhirnya disatukan ke titik pertama. Urutan ini penting karena menentukan bentuk perspektifnya nanti.  Jika bingung, silakan lihat gambar berikut.
Dream Part 1
TIP: Sambil menekan Ctrl, Anda bisa membuat garis lurus 90 derajat.

Langkah Ketiga

Pilih teks dream. Jadikan path dengan Ctrl+Alt+C.

Langkah Keempat

Pilih teks dream beserta bentuk trapesium tadi. Lalu laksanakan menu Extensions > Modify Path > Perspective. Tunggu sebentar dan hasilnya seperti demikian.
Dream Part 4

Langkah Kelima

Lakukan hal yang sama untuk box mulai langkah 2 – 4. Perhatikan, bedanya ada pada bentuk trapesium bukan pada urutan arah garis trapesiumnya. Kalau ini salah, maka tidak jadi desain. Karena yang pertama dimulai dari kiri bawah, dan karena kita mau membuat perspektif 2 titik hilang, maka yang kedua ini sama juga. Hanya saja, kita buat sisi terpanjangnya menjadi di sebelah pas sisi terpanjang objek satunya. Silakan lihat gambar berikut.
Awal Dream
Anda bisa memanfaatkan penggaris warna biru untuk meluruskan desain. Tarik dari penggaris horizontal yang di atas, taruh pas di pucuk-pucuk dream. Lalu baru buat trapesiumnya. Ini akan merapikan. Kemudian kalau dirasa terlalu lebar, bisa diatur dengan select tool. Mampatkan ke kiri.
Laksanakan Ctrl+Alt+C pada box kemudian Perspective. Hasilnya akan seperti ini.
Sampai sini, tutorial utama selesai. Dreambox jadi :)

Pemanis

Untuk mempercantik desain ini, kita bisa melakukan sedikit modifikasi.
  • Bersihkan: buang trapesiumnya karena sudah tidak perlu.
  • Dekatkan: antara dream dan box masih ada jarak. Gunakan select tool, dekatkan keduanya.
  • Gradasi: beri gradasi warna gelap ke terang dari bawah ke atas untuk dream dan box. Lakukan cobacoba sampai dirasa pas warnanya.
  • Background: beri persegi panjang warna hitam lalu tekan End untuk meletakkannya di belakang sendiri. Ini otomatis menjadi background-nya.
Dream Box

Ekspor

Lakukan ekspor ke bitmap agar desain bisa segera digunakan. Cara mengekspornya adalah pilih background (tidak usah semua objek) lalu tekan Ctrl+Shift+E. Silakan atur ukuran DPI-nya lalu nama file-nya. Kalau sudah, tekan Export.

Bonus

Dengan menggunakan teknik yang sama, kita pun bisa membuat semacam kover. Sederhana memang. Tapi bisa dicoba :) Berikut ini kover saya yang petunjuk pembuatannya sederhana sekali:
  • Barcode: dari menu Extensions > Render.
  • Megaphone: dari bentuk kotak yang diubah-ubah sendiri pada path tool.
  • Tulisan: pakai text tool dengan font Ubuntu.
  • Garis lurus: pakai bentuk kotak dibuat setipis mungkin.
Dream Box Final
Barangkali bisa dijadikan tambahan acuan desain. Anda bisa mengunduhnya dari link yang disertakan di bawah.
Download Desain
Nama: tutorial-teks-dreambox.zip
Ukuran: 100 KB
Isi: tutorial-teks-dreambox.svg, 3d dreambox.png, kover dreambox.png, megatron.ttf
Link download di sini Disini

0 Response to "Tutorial Desain Teks 3D dengan Perspektif"

/*! SCRIPT IKLAN */ /*! SCRIPT IKLAN */