Panduan Instal Dual Boot Windows 7 dan XP Versi 2 – Windows 7 OS Default

Sebelumnya kita sudah pernah membahas Panduan Instal Dual Boot Windows 7 dan XP Versi 1 – Windows XP OS Default dan pada kesempatan kali ini saya sangat bersemangat karena dapat kembali mempersembahkan panduan untuk fitur dual boot namun dengan versi yang berbeda. Jika pada postingan sebelumnya Windows XP terinstal pertama kali, maka di postingan kali ini kondisinya Windows 7 lah yang menjadi Windows default dan kita akan menambahkan Windows XP.
Dual booting antara Windows 7 dan Windows XP
Apakah kedua panduan ini berbeda? Secara teknis berbeda, namun tujuannya tetap sama dan jika Anda sudah memahami versi pertama maka tidak akan kesulitan jika harus melakukan instalasi dual boot dengan versi kedua ini. Yuk kita langsung saja!

Membuat Partisi Baru Dari Disk Windows 7

  • Untuk membuat partisi dari disk Windows 7, buka Control Panel – Administrative Tool.
  • Buka Computer Management, di bagian panel kiri klik Storage – Disk Management, kemudian di panel tengah klik kanan di bagian partisi dan klik Shrink Volume.
Cara install dual booting antara Windows XP dan Windows 7
  • Pada bagian Enter the amount of space to shrink in MB isi dengan kapasitas yang Anda inginkan sebagai partisi baru. Setelah dirasa pas, klik tombol Shrink.
Alokasi hardisk untuk Windows XP dan Windows 7
  • Sekarang sudah muncul partisi baru dengan label Unallocated yang kemudian dapat digunakan nanti di langkah selanjutnya.
Partisi Windows XP untuk dual booting

Instal Windows XP

  • Boot melalui DVD instal asli Windows XP, pastikan Anda telah melakukan penyesuaian di BIOS komputer.
Proses install Windows XP untuk dual booting
  • Selesaikan proses intalasi, jangan lupa memilih partisi baru yang sudah dibuat pada proses sebelumnya.
Cara install Windows 7 dan Windows XP secara bersamaan
  • Setelah semua proses instalasi Windows XP selesai, Anda harus melakukan satu langkah terakhir. Download dan instal .Net Framework 2.0 (32-bit) version atau .Net Framework 2.0 (64-bit) version, kemudian download EasyBCD [versi gratis saja]
  • Jalankan EasyBCD, mengapa harus? Karena tool ini dapat memperbaiki file system Windows 7 dan menambahkan Windows XP ke list sistem operasi. Setelah EasyBCD berjalan, pada bagian kiri klik tombol Add New Entry, di bagian atas tepat di bawah menu Operating System klik menu tab Windows kemudian pilih Windows NT/2k/XP/2k3 dari menu drop down dan centang kotak Automatically detect correct drive. Selanjutnya klik tombol Add Entry.
Proses install Windows XP dan Windows 7 sebagai dual booting
  • Di bagian kiri temukan dan klik tombol BCD Deployment, kemudian pilih tombol radio Install the Windows Vista/7 bootloader to the MBR, dan terakhir klik tombol Write MBR. Kemudian tutup tool EasyBCD dan restart komputer Anda.
Install dual boot Windows 7 dan Windows XP
Sekarang setiap kali Anda menghidupkan komputer, sistem akan meminta Anda untuk memilih sistem operasi yang ingin dijalankan, tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.
Proses install dual booting
Semoga panduan ini tidak membingungkan, karena saya sudah mencoba untuk memberikan langkah demi langkah yang paling sederhana agar mudah diikuti. Selamat mencoba ya.

0 Response to "Panduan Instal Dual Boot Windows 7 dan XP Versi 2 – Windows 7 OS Default"

/*! SCRIPT IKLAN */ /*! SCRIPT IKLAN */