Panduan Instal Dual Boot Windows 7 dan XP Versi 1 – Windows XP OS Default

Dual boot sebenarnya bukan hal baru, bagi pengguna yang mempunyai spesifikasi komputer cukup mumpuni dapat menginstal dua sistep operasi dalam satu komputer dengan tujuan tertentu. Ada banyak alasan mengapa menginstal dual boot dalam 1 komputer, di antaranya adalah guna melakukan studi perbandingan atau memang ingin merasakan kedua OS milik Microsoft.
Dual booting Windows 7 dan Windows XP
Komputer ataupun laptop modern biasanya sudah mendukung dual boot sejak baru, selain spesifikasi komputer yang mendukung juga beban kerja dan kebutuhan pengguna modern lebih tinggi dan beragam dibandingkan beberapa dekade lalu. Namun jika Anda ingin mencoba dual boot, berikut adalah panduan melalukan instalasi dual boot antara Windows XP dan Windows 7 dengan catatan komputer Anda telah terinstal Windows XP, sehingga yang perlu kita lakukan sekarang adalah menginstal Windows 7 ke komputer ber OS XP. Apakah langsung masukkan DVD installer lalu selesai? Tentu tidak, Anda harus melakukan beberapa langkah sebelum dapat menginstal OS baru.

Membuat Partisi Baru dari Disk Windows XP

  • Masukkan DVD/CD Windows ke komputer dan booting, lalu buka Command Prompt, mohon dicatat bahwa membuka Command Prompt pada saat booting di DVD installer berbeda dengan Command Prompt di mode desktop. Cara membuka Command Prompt pada saat booting cukup mudah, pada saat muncul interface instalasi, tepat sebelum muncul tombol Install anda tekan Shift + F10.
  • Setelah Command Prompt terbuka, susutkan partisi harddisk dengan mengguna kode perintah yang saya beri warna merah di dalam gambar berikut ini: [Keterangan: pertama ketikkan diskpart lalu tekan enter, kemudian ketik list volume dan tekan enter, maka akan muncul list volume yang tersedia di komputer Anda. Ketikkan select volume 1 dan tekan enter, lalu ketikkan shrink querymax dan tekan enter untuk mengetahui batas maksimal pembagian partisi, selanjutnya ketikkan shrink desired=40909 [sesuai batas maksimal yang sebelumnya ditampilkan, dalam kasus ini adalah 40909MB]. Kemudian terakhir ketikkan exit dan tekan Enter.]
Panduan Instal Dual Boot Windows 7 dan XP Versi 1 - Windows XP OS Default
  • Tutup Command Promp dan lanjutkan ke langkah instalasi Windows 7

Instal Windows 7

  • Ketika Command Prompt Anda tutup maka Anda otomatis kembali ke layar instalasi Windows 7 yang sebelumnya telah ditampilkan, langsung saja klik tombol Install untuk memulai proses instalasi.
Install Windows XP dan Windows 7 pada satu komputer dan laptop
  • Selanjutnya pilih disk partisi seperti gambar di bawah ini, tentunya kapasitas partisi akan sama dengan angka yang sebelumnya Anda masukkan di proses pembuatan partisi via Command Prompt di atas tadi. Lalu klik tombol Next.
Dual booting antara Windows XP dan Windows 7
  • Anda ikuti proses selanjutnya hingga instalasi Windows 7 selesai dengan sempurna.
Proses install Dual Booting Windows XP dan Windows 7
Install windows XP dan Windows 7 pada satu system
Setelah proses instalasi Windows 7 selesai, silahkan restart dan sistem akan meminta Anda untuk memilih satu dari dua sistem operasi yang tersedia di komputer. Biasanya komputer akan memberikan waktu 30 detik sampai Anda memilih secara manual.

0 Response to "Panduan Instal Dual Boot Windows 7 dan XP Versi 1 – Windows XP OS Default"

/*! SCRIPT IKLAN */ /*! SCRIPT IKLAN */