WiMax : 25 Kali Kecepatan DSL dan Sejauh 50 km

Bismillah Hirrahman Nirrahim
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Apakah Anda pernah mendengar nama kota Selm di Nordrhein-Westfallen, Jerman? Kota berpopulasi hampir 30.000 penduduk ini bakal menjadi pusat bagi pengembangan jaringan wireless. Teknologi broadband WiMAX akan diuji di kota ini sebagai sebuah proyel percontohan WiMAX yang merupakan singkatan dari "Worldwide Interoperability for Microwave Access" ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan teknologi DSL. Teknologi WiMAX dapat digunakan untuk komunikasi data jarak jauh dan 25 kali lebih cepat. biaya penerapannya pun lebih murah. Dengan WiMAX, mengakses Internet dari jarak jauh dengan kecepatan tinggi dapat menjadi kenyataan.

WiMAX Segera untuk End User
WiMAC (disebut juga sebagai standar IEE-802.16) pertama kali diperkenalkan pada Desember 2001 dan semula dirancang untuk Metropolitan Area Network. Pada teknologi radio link yang menggunakan frekuensi tinggi (10-66 GHz), data dikirim melalui kneksi saling berhadapan yang disebut Line of Sight-Technology (LOS), yaitu antara pengirim dan penerima tidak boleh ada hambatan.

Awal tahun 2003, muncul keinginan untuk menggunakan WiMAX pada perangkat portabel end user. Ide ini kemudian menjadi dasar pembentukan "WiMAX Forum" yang dimotori vendor chipset Intel. Di dalamnya, ikut serta sekitar 200 perusahaan yang bergerak dalam bisang teknologi, termasuk Siemens Mobile, Fujitsu, AT&T, British Telecom dan Nokia.

Di tahun yang sama, forum ini menetapkan standar 802.16a yang merupakan pengembangan lanjutan dari standar sebelumnya. Frekuensi kerjanya sedikit lebih panjang yaitu antara 2 sampai 11 GHz. Pada standar "a", komunikasi data dapat menjangkau 50 km dengan bandwith sampai 75 Mbps. Di sini, teknologi yang dipakai telah menggunakan NLOS-Connection (Non Line of Sight).

Dengan standar 802.16a, data dari base station dapat diterima walaupun melalui area penghalang, seperti dinidng ataupun gedung tinggi. Namun, antena penerima harus dipasang di luar. Pengembangan berlanjut dengan standar IEEE 802.16-2004 yang ditetapkan pada Juli 2004. Teknologi ini merupakan kombinasi antara standar 802.16REVd dan 802.16a sehingga komunikasi data dapat dilakukan di dalam gedung.

Saat ini, teknologi WiMAX yang terbaru (Standar 802.16e) dirancang untuk aplikasi mobile end-user, seperti PDA, ponsel ataupun notebook. Paling tidak, transfer rate sebesar 15 Mbps bisa dinikmati sampai sejauh 5 km.
Bertepatan dengan pelaksanaan event Intel Developer Forum pada September 2004 lalu, Intel untuk pertama kalinya memperkenalkan langkah-langkah nyata untuk produk WiMAX untuk tahun ini. Intel memperkenalkan chipset untuk teknologi WiMAX dengan nama "Rosedale" yang mampu mengirim data dari jarak 50 km ke kantor atau rumah melalui koneksi wireless broadband. Rosedale langsung diintegrasikan di base station sebagai sebuah "System-on-a-Chip" atau disebut juga sebagai Customer Premise Equipment (CPEs). Chip ini mendukung standar WiMAX-802.16-2004 yang terbaru. Selain itu, di dalamnya sudah tersedia sebuah Ethernet-Interface, Security-Protocol "Inline Security Processing" (ISP) dan TDMController-Interface (Time-Division-Multiplexing)-Function) yang berfungsi untuk mengirimkan data dan suara (VoIP) melalui Internet. Menurut Scott Richardson, General Manager dari Intel Broadband Wireless Group, WiMAX menguntungkan end-user.Dengan teknologi System-on-a-Chip, akses mobile Internetmenjadi lebih cepat dan ekonomis.Pada tahap pengembangan selanjutnya, perangkat consumer device pun bakal dilengkapi dengan kemampuan WiMAX.Rencananya, perangkat pertama akan dirilis pada tahun 2006nanti.Menurut desas-desus yang beredar, nantinya akan dipasangpada notebook ber-chipset "Calexico 3". Standar ini merupakankombinasi dari 802.11n dan 802.16e yang menawarkan koneksi broadband tanpa kabel. Ke depannya, kita bisa memilih jaringanyang ingin digunakan sesuai kebutuhan, apakah W-LAN atauWiMAX. Rencana peluncuran chipset ini diperkirakan padakuartal keempat tahun 2006.
WiMAX, W-LAN Atau DSL: Sebuah Kombinasi
WiMAX menimpan potensi yang besar. Dibandingkan dengan UMTS dengan kemampuan maksimal sampai 384 KB/detik, bandwith WiMAX 200 kali lebih cepat. Bahkan, standar DSL yang tercepat sekalipun (sekitar 3 Mbps) baru seperlima dari standar 802.16e. Selain itu, jangkauan WiMAX paling sedikit mencapai 5 km, lebih jauh 16 kali dari W-LAN yang jangkauan maksimalnya hanya sejauh 300 meter.


Eropa : WiMAX Belum Meluas
Wakalupun demikian, di negara-negara di Eropa seperti Jerman yang sudah memiliki jaringan DSL yang kuat, WiMAX cukup sulit diterapkan. Selain itu, jaringan berbasis WiMAX yang akan diterapkan untuk perumahan pada tahun 2007 ternyata sudah dilengkapi dengan W-LAN Namun, WiMAX bukan berarti tidak bermanfaat. Wlaupun ekonomis, banyak kawasan yang sulit diterapkan dengan jaringan DSL.

Manfaat secara global bisa dilihat pada kota-kota dengan sarana telepon dan broadband yang tidak mencukupi. Negara-negara seperti Cina, India, atau Rusia menjadi target pasar pertama. Dengan WiMAX, tidak diperlukan perangpat perantara, karena pengguna terkoneksi secara langung. Berbeda dengan jaringan DSL, perangkat perantara ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Penerapan ketiga teknologi ini secara bersama dapat dilihat di kota Selm. Komunitas di sana bakal memanfaatkan Internet Broadband dengan kombinasi jaringan DSL, W-LAN dan WiMAX. WiMAX Base Station (802.16-2004) digunakan untuk menjangkau wilayah pinggiran batas kota. Sementara, jaringan W-LAN (menggunakan router berbasis protokol 802.11) hanya menjangka sampai ke pusat kota. Untuk Internet Broadband di perumahan, digunakan antena luar yang menangkap sinyal router dan kemudian diteruskan dengan modem W-DSL. Kota Selm dapat dijadikan contoh.

Di Indonesia teknologi WiMAX telah dicoba diimplementasikan di propinsi Naggroe Aceh Darussalam yang baru saja terkena bencana tsunami. WiMAX digunakan untuk keperluan pembenahan infrastruktur IT di wilayah tersebut. Perangkat hardaware-nya merupakan sumbangan dari Intel Corp.

Sekian dulu hari ini.. :3

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Potingan jelek, biarin yang penting saya puas.. :v :v

1 Response to "WiMax : 25 Kali Kecepatan DSL dan Sejauh 50 km"

/*! SCRIPT IKLAN */ /*! SCRIPT IKLAN */